Menyapih dengan Penuh Cinta, Bisa?

Menjelang ulang tahun si bungsu yang kedua, saya memiliki PR besar untuk bisa menyapihnya dengan penuh cinta. Penuh cinta? Maksudnya bagaimana? 

Menyapih dengan penuh cinta itu artinya kita menyapih tanpa paksaan, tanpa kebohongan, atau tanpa ancaman. Pasti sering deh mendengar proses menyapih yang dilakukan para ibu. Mulai dari mengoleskan minyak kayu putih, obat merah, dan lainnya pada payudara, sampai ancaman ini itu yang diberikan untuk si anak. Tujuan para ibu itu agar anak merasa jijik dan tidak tertarik untuk menyusu lagi.

Memangnya salah kalau begitu? Kalau dari segi kepraktisan, tentu tak salah. Cara ini pasti lebih mudah dan cepat bagi ibu untuk melepas anaknya menyusui. Tapi kalau dilihat dari segi anak, kok ya saya rasanya nggak tega. Anak seolah 'dipaksa' untuk segera berhenti menyusui, tanpa adanya pengertian dan penerimaan dari dirinya.

Hanya saja, saya tak mau menghakimi. Biar bagaimana pun, yang tahu situasi dan kondisi di rumah tentunya ibunya. Dia pasti yang lebih tahu dan mengerti cara apa yang baik untuk anaknya. Jadi, saya jangan diserbu ya, Bun. Piss. Damai aja kita mah, hehe.

Lalu bagaimana dengan si bungsu ini? Apakah saya akhirnya akan menggunakan cara seperti itu? Atau tetap bisa menyapih dengan penuh cinta?

Kalau dulu proses menyapih untuk si sulung berjalan dengan sangat mudah. Bahkan saya tak butuh usaha apapun. Kondisi saya yang mendadak hamil anak kedua, membuat si sulung menyapih dirinya sendiri. Dia tahu-tahu menolak jika ditawari menyusu. 

Sedangkan untuk si tengah, dia juga tanpa drama. Menjelang dua tahun, dia mulai saya kenalkan dengan susu formula sebagai pengganti ASI. Dia pun bisa menerimanya dan langsung suka. Entah lah, saya rasanya juga tak butuh usaha macam-macam.

Saya harap untuk anak yang ketiga ini, saya tak perlu memakai cara seperti itu. Kalau mengingat kedua anak sebelumnya yang menyapih tanpa 'drama', semoga ini akan terjadi juga pada si bungsu. Aamiin.

Doakan ya Bun. Semoga niat saya dimudahkan dan dilancarkan. Kalau ada yang punya cara ampuh yang juga penuh cinta untuk menyapih, boleh dong berbagi sama saya. 

Komentar